Peran Tokoh Agama dalam Membina Pendidikan Agama Islam Masyarakat di Desa Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai

Nurhaliza, Nurhaliza (2022) Peran Tokoh Agama dalam Membina Pendidikan Agama Islam Masyarakat di Desa Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NURHALIZA PRODI PAI ST. 2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pendidikan agama Islam pada masyarakat di Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. (2) peran tokoh agama dalam membina pendidikan agama Islam masyarakat di Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam membina pendidikan agama Islam masyarakat di Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, yaitu data yang disajikan berupa data-data perkataan dari orang-orang serta perilaku yang diamati. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, penulis memperoleh bahwa: (1) Pendidikan agama Islam masyarakat di Penggalangan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai tergolong kurang baik, kurangnya motivasi, keterbatas ilmu serta pengajaran keagamaan dari keluarga terhadap anak untuk memberikan praktik dan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. (2) Peran tokoh agama dalam membina pendidikan agama Islam pada masyarakat belum sepenuhnya berperan dengan baik, disebabkan penguasaan ilmu agama dari tokoh agama kurang, tokoh agama tidak mengikuti pengkaderan organisasi Islam, sehingga kurang mampu mengaplikasikan metode. (3) Faktor pendukung: adanya support dari pemerintah desa, dan membentuk BKM mesjid. Faktor penghambat: kesulitan masyarakat dalam membagi waktu antara bekerja dan mengikuti program keagamaan dan kurangnya rasa kepedulian dari masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Tokoh Agama dalam Membina Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:18
Last Modified: 15 Aug 2022 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15077

Actions (login required)

View Item View Item