Strategi Pengembangan Koleksi Jurnal Elektronik (E-Journal) Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Syahfitri, Nurainun (2022) Strategi Pengembangan Koleksi Jurnal Elektronik (E-Journal) Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI - NURAINUN SYAHFITRI - 0601173081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan koleksi e-journal di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan peran pustakawan dalam pengembangan koleksi e- journal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi pengembangan koleksi e- journal denngan berkoordinasi dengan seluruh prodi civitas akademika, bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional melalui e-resources, menjalin kerja sama dengan FPPTMA ( Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyyah )serta sosialisasi perpustakaan terhadap pemanfaatan koleksi e-journal. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan koleksi e-journal ialah : anggaran/dana, SDM (Sumber Daya Manusia) dan pengguna. Peran pustakawan dalam pengembangan koleksi e-journal memberikan pengetahuan bagaimana cara mengakses atau menulusur informasi, melakukan promosi terhadap e-journal melalui brosur, pamflet, sosial media atau berita web di Perpustakaan UMSU serta melakukan sosialisasi kepada seluruh civitas akademika kampus UMSU.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan koleksi, e-journal, Peran Pustakawan, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:14
Last Modified: 15 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

View Item View Item