Pengembangan Pocket Book Berbasis Scaffolding Pada Materi Limit Fungsi Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI MIA 2 SMAS Imelda Medan T.A 2020/2021

Nadhila, Nurul (2021) Pengembangan Pocket Book Berbasis Scaffolding Pada Materi Limit Fungsi Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI MIA 2 SMAS Imelda Medan T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
NURUL NADHILA - SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, megetahui kevalidan, kefektifan produk pocket book berbasis scaffolding pada materi limit fungsi terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI MIA 2 SMAS Imelda Medan. Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan model 4D yang digunakan untuk mengembangkan pocket book yaitu define, design, development, dan dessiminate. Akan tetapi penelitian hanya sampai 3D yaitu define, design dan development. Subjeknya adalah siswa kelas XI MIA 2 SMAS Imelda Medan yang berjumlah 15 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrument-instrument yang digunakan adalah lembar penilaian oleh dosen ahli media, lembar penilaian oleh dosen ahli materi, guru dan teman sejawat, angket respon siswa serta tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Hasil yang ditemukan adalah pengembangan pocket book berbasis scaffolding dikembangkan mulai dari tahap define yaitu mencari ketentuan untuk membuat media, design yaitu merancang media berdasarkan ketentuan yang telah didapatkan, development yaitu memvalidasi dan menguji media yang telah dibuat. hasil validasi produk mendapatkan nilai rata-rata validasi secara keseluruhan yaitu 4,22 yang masuk kategori baik, selanjutnya diuji coba kelapangan. Untuk tingkat keefektifan pocket book terhadap kemampuan pemahaman matematis masuk ke dalam kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan siswa pada saat pretes 6,67% menjadi 87% saat post tes yang diyakinkan dengan dilakukannya uji t mendapatkan hasil t hitung yaitu 6,697 dan t tabel yaitu 2,145, dengan ketentuan t hitung > t tabel, yang artinya hasil uji t tersebut mengalami perbedaan yang signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pocket book, scaffolding ̧kemampuan pemahaman matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Aug 2022 09:03
Last Modified: 12 Aug 2022 09:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15068

Actions (login required)

View Item View Item