Analisis Kinerja Underwriter Dalam Menentukan Calon Peserta Pada Produk Dana Pensiun (Studi Kasus AJB Bumiputera 1912 Wilayah Medan)

Imawanti, Yuki Dian (2022) Analisis Kinerja Underwriter Dalam Menentukan Calon Peserta Pada Produk Dana Pensiun (Studi Kasus AJB Bumiputera 1912 Wilayah Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
selesai pngesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) adalah salah satu produk perusahaan AJB Bumiputera 1912 memiliki program dana pensiun yang akan memberikan manfaat pensiun kepada pegawai swasta pada saat usia pensiun. Oleh karena itu, diperlukan kinerja underwriter dalam menentukan calon peserta dana pensiun. Dalam menentukan calon peserta program dana pensiun ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan oleh underwriter yaitu mengetahui Batasan usia masuk kerja, Batasan usia pensiun, Batasan kenaikan gaji karyawan, manfaat pensiun yang diinginkan perusahaan, iuran/premi yang diinginkan perusahaan, dan kecukupan dana perusahaan. Pendanaan pensiun memerlukan perhitungan aktuaria yang merupakan biaya normal dan kewajiban aktuaria. Biaya manfaat yang masih harus dibayar dan biaya manfaat yang diproyeksikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Underwriter dalam menentukan calon peserta pada produk dana pensiun di AJB Bumiputera 1912 dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi underwriter dalam menentukan calon peserta dana pensiun di AJB Bumiputera 1912. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data sekunder melalui PT. AJB Bumiputera 1912 Wilayah Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja underwriter mempunyai peranan penting dalam perusahaan karena underwriter yang menentukan apakah penutupan asuransi dapat diterima atau tidak. Dari manfaat pensiun yang di dapatkan peserta juga sesuai dengan premi yang dibayar setiap bulannya. Perhitungan premi dimana 33.98% (sesuai dengan persetujuan kerjasama) dikali gaji pokok. Apabila kenaikan gaji sebesar 10% tiap tahun, suatu waktu perusahaan menaikan gaji hingga 15% tiap tahun, maka kelebihan kenaikan gaji tersebut yang sudah diatur sejak awal dihitung oleh aktuaria. Besaran iuran normal meningkat setiap tahunnya. Namun, kenaikannya tidak terlalu signifikan. Semakin lama masa kerja maka iuran normal yang harus dibayarkan semakin kecil.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AJB Bumiputera 1912, Dana Pensiun, dan Underwriter.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:38
Last Modified: 12 Aug 2022 07:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item View Item