PENGARUH PEMAHAMAN MAHASISWA ASURANSI SYARIAH TERHADAP PEMASARAN PRODUK DI PT ASURANSI SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA SYARIAH CABANG MEDAN

Al-Hamzy, Fatimah Wulandari (2019) PENGARUH PEMAHAMAN MAHASISWA ASURANSI SYARIAH TERHADAP PEMASARAN PRODUK DI PT ASURANSI SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA SYARIAH CABANG MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
FATIMAH WULANDARI AL-HAMZY NIM. 55.15.4.056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Posisi seorang agen asuransi bagi sebuah perusahaan asuransi sangat strategis, karena lewat agen inilah perusahaan dapat memasarkan atau menjual produknya kepada calon nasabah. Mengingat pentingnya keberadaan seorang agen bagi perusahaan asuransi, seorang agen dituntut untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang asuransi baik mengenai produk-produk asuransi maupun cara pemasaran terhadap produk tersebut. Apalagi untuk agen asuransi syariah, selain harus menguasai asuransi umum, dia juga harus menguasai asuransi syariah serta perbedaannya dengan asuransi konvensional. Namun, meskipun seorang agen memiliki lisensi asuransi syariah, belum tentu ia memahami asuransi syariah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman mahasiswa asuransi syariah terhadap pemasaran produk Asuransi Sun Life Financial Indonesia Syariah Cabang Medan. Rumusan masalah yang digunakan adalah apakah pemahaman mahasiswa asuransi syariah berpengaruh terhadap pemasaran produk di PT Asuransi Sun Life Financial Indonesia Syariah Cabang Medan?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang mahasiswa asuransi syariah yang telah memiliki lisensi AAJI dan AASI dari PT Asuransi Sun Life Financial Indonesia Syariah. Tekhnik analisis data penelitian ini meliputi Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Normalitas, Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Hipotesis yaitu Uji Koefisien Determinan (R2 ) serta Uji Parsial (Uji T). Sedangkan pengumpulan data menggunakan data primer yang langsung diperoleh dari para sampel yang dipilih. Data yang dikumpulkan yaitu jawaban-jawaban dari kuesioner yang telah dibuat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode analisis regresi linear sederhana dengan alat bantu perangkat lunak SPSS Versi 16. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji T, dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 5%). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pemahaman dengan t hitung sebesar (10,265), berpengaruh signifikan positif terhadap pemasaran produk. Secara bersama-sama bahwa pemahaman berpengaruh signifikan terhadap pemasaran produk.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pemasaran Produk
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Aug 2022 05:33
Last Modified: 12 Aug 2022 05:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15051

Actions (login required)

View Item View Item