Analisis Pendapatan Dan Strategi Bertahan Hidup Petani Karet Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Di Desa Padang Manjoir Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Ritonga, Siti Rahmah (2021) Analisis Pendapatan Dan Strategi Bertahan Hidup Petani Karet Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Di Desa Padang Manjoir Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Siti Rahmah Ritonga 0501173243 (FEBI-EKI) .pdf

Download (4MB)

Abstract

Tanaman karet adalah tanaman ekspor yang memiliki peran sangat penting bagi perekonomian nasional. Komoditas karet merupakan komoditas ekspor unggul bagi ekpor non-migas dan sebagai salah satu sumber devisa negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan pendapatan petani karet sebelum dan saat pandemi covid-19 dan untuk mengetahui strategi bertahan hidup petani karet sebelum dan saat pandemi covid- 19 di Desa Padang Manjoir Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan cara observasi ke lapangan dan wawancara dengan para informan atau petani karet di di Desa Padang Manjoir. Sedangkan untuk jenis data yang dibutuhkan adalah data perimer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani karet sebelum dan saat pandemi covid-19 jauh berbeda. Pendaptan petani karet sebelum covid-19 jauh lebih besar dibandingkan dengan pendapatan petani karet saat covid-19. Hal ini dipengaruhi oleh harga karet dan perawatan yang dilakukan oleh petani karet. Sedangkan strategi yang dilakukan petani karet sebelum dan saat covid tidak jauh berbeda. Sebelum covid-19 petani karet petani tetap melakukan pembersihan lahan, sering menyadap karet dan sebagian yang memiliki modal melakukan pemupukan. Sedangkan saat pandemi covid-19 semakin banyak petani yang melakukan pemupukan untuk meningkatkan hasil panen agar dapat menambah penghasilan keluarga dan sebagian lagi melakukan perkebunan di sekitar lahan karet dan rumah lalu hasil tersebut dijualkan. Dan sebagian lainnya berjualan, bersawah, dan memanen sawit untuk meningkatkan pendapatannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Strategi, Usaha Tani, Perkebunan Karet, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:39
Last Modified: 12 Aug 2022 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item