Kompetensi kepribadian guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Tebing Tinggi

Nisah, Wahidun (2011) Kompetensi kepribadian guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Tebing Tinggi. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS Nisa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru merupakan suatu figur sentral dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar mengajar, maka setiap guru diharapkan memiliki karakteristik (ciri khas) sifat dan kepribadian yang ideal sesuai dengan yang telah ditetapkan. Suksesnya seorang guru di samping faktor luasnya ilmu tentang materi pelajaran dan banyaknya pengalaman, juga tergantung dari sikap dan kepribadian guru itu sendiri. Kepribadian guru mempunyai kelebihan sendiri bila diterapkan dalam kelas karena ia akan memberikan kecenderungan dan kesenangan yang berbeda kepada murid sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tebing Tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan, menganalisis, dan mengidentifikasi problematika kompetensi kepribadian guru kemudian mengorganisasi, mengklasifikasi, dan mencari pola-pola hubungan, menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi kepribadian guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Tebing Tinggi relatif baik, khususnya yang berhubungan dengan kedisiplinan, komitmen, keteladanan, semangat, dan tanggung jawab, (2) Peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, administrator, dan supervisor sangat menentukan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru, (3) Pola pembinaan kompetensi kepribadian guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Tebing Tinggi dilaksanakan melalui pembinaan di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah melalui rapat dewan guru, dan training Emotional and Spiritual Question (ESQ),

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 07 Apr 2017 09:30
Last Modified: 07 Apr 2017 09:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item