Mirwan, Hayati (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA DI PESANTREN MA AL-MUKHLISHIN KECAMATAN TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATUBARA DAN IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
SKRIPSI FULL HAYATI MIRWAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan emosi terhadap stres akademik siswa di MA Al-Mukhlishin kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara.(2)Implikasi bimbingan dan konseling dalam mengetahui kecerdasan emosi terhadap stres akademik siswa di MA Al-Mukhlishin Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling cluster.Populasinya pada kelas XMA Al-Mukhlishin Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara.Sampelnya sebanyak 100 siswa.Metode penelitian data menggunakan angket dan dokumentasi.Semua instrument telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran, karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat uji validitas menggunakan korelasi product dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi terhadap stres akademik di buktikan dari Sig. = 0,000, berarti Sig. < dari kriteria signifikan (0,05). Dan nilai thitung1,233< dari ttabel 1,968789 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, dimana H0 = terdapat pengaruh antara kecerdasan emosi (X) terhadap stres akademik (Y).
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosi, Stres akademik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 04:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 04:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15026 |
Actions (login required)
View Item |