Analisis Hukum terhadap praktik Sterilisasi Kucing Menurut Pendapat Mazhab Syafi'i (Studi Kasus Pet Shop Kota Padangsidimpuan)

Fadilah, Rizki (2022) Analisis Hukum terhadap praktik Sterilisasi Kucing Menurut Pendapat Mazhab Syafi'i (Studi Kasus Pet Shop Kota Padangsidimpuan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RIZKI FADILAH (NIM 0204171004).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya praktik sterilisasi terhadap hewan peliharaan seperti kucing dikalangan para pecinta kucing yang mana menurut sebagian ulama khususnya ulama bermazhab Syafi’i hal itu tidak diperbolehkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik sterilisasi kucing dikaitkan dengan pendapat mazhab Syafi’i . Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana praktik sterilisasi kucing di pet shop Kota Padangsidimpuan, apa faktor yang menyebabkan pemilik kucing mensterilisasikan kucingnya, bagaimana pendapat dokter hewan dan pemilik kucing mengenai sterilisasi kucing serta bagaimana hukum sterilisasi kucing ditinjau dari pendapat mazhab Syafi’i . Penelitian ini dilakukan di pet shop Kota Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam menghimpun data adalah penelitian lapangan (field research). Tipe penelitian merupakan metode empiris dengan pendekatan socio legal. Bahan dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Data diolah dengan menggunakan metode kualitatif dengan logika berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor yang menyebabkan alasan pemilik kucing memilih mensterilisasi kucing peliharaannya diantaranya agar kucing mereka tidak melahirkan lagi dikarenakan kucingnya telah sering melahirkan dan berdasarkan saran dokter hewannya dilakukan tindakan sterilisasi kucing agar menghindari hal yang tidak diinginkan seperti rentannya terkena penyakit. Disisi lain alasan pemilik kucing mensterilkan kucingnya yaitu agar kucingnya tidak berkelahi lagi dengan kucing liar lainnya, membuat kucing tersebut menjadi lebih jinak dan tidak menimbulkan keributan dan mengganggu kenyamanan orang lain. Praktik sterilisasi yang dilakukan di pet shop Kota Padangsidimpuan yang dalam hal ini Sidimpuan Ternak PS & Pet Shop Kota Padangsidimpuan telah menerapkan standar operasional prosedur sesuai dengan medis dengan mengutamakan kemaslahatan dan juga kesejahteraan pada kucing yang disterilisasi. Berdasarkan pendapat mazhab Syafi’i sterilisasi pada kucing merupakan hal yang tidak diperbolehkan. Namun menurut pendapat ulama selain mazhab Syafi’i dan Ulama Kontemporer diperbolehkan dengan mengutamakan kemaslahatan pada kucing yang disterilisasikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum, Sterilisasi, Kucing, mazhab Syafi’i.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:05
Last Modified: 12 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15006

Actions (login required)

View Item View Item