Analisis Determinan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia

Khofifah, Ade Try (2021) Analisis Determinan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Ade Try Khofifah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator untuk mengukur kualitas hidup manusia yang bertujuan untuk mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat. IPM memiliki tiga unsur yaitu kesehatan, pendidikan yang dicapai, dan standar kehidupan yang layak dalam sisi ekonomi. Dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dapat dicapai dengan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pendapatan.Pendapatan yang dimaksud adalah pendapatan perkapita, dan untuk menunjang pendidikan dan kesehatan agar tetap mengalami peningkatan maka diperlukan anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Perkapita (X1), Anggaran Pendidikan (X2) dan Anggaran Kesehatan (X3) terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Y) di Indonesia (periode 2010-2020). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder melalui Badan Pusat Statistik dan Kementerian Keuangan. Jumlah sampel penelitian ini adalah data time series tahun 2010-2020 dan di interpolasi ke kuartalan menjadi 44. Data diproses dengan menggunakan Eviews 10 dengan teknis analisis data menggunakan analisis Vector Error Correction Model (VECM).Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Pendapatan Perkapita (X1) dalam jangka panjang berpengaruh negatif signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Y) dan besar pengaruhnya yaitu sebesar 27,1%. Variabel Anggaran Pendidikan (X2) dalam jangka panjang berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Indeks Pembangunan Manusia (Y) dan besar pengaruhnya sebesar 12,4%. Dan variabel Anggaran Kesehatan (X3) dalam jangka pendek berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Indeks Pembangunan Manusia (Y) dan besar pengaruh terhadap variabel Y sebesar 1,6%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pendapatan Perkapita, Anggaran Pendidikan, Anggaran Kesehatan dan VECM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:19
Last Modified: 12 Aug 2022 03:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15005

Actions (login required)

View Item View Item