Analisis Percepatan Ekonomian Perdesaan Melalui Pengembangan Perkebunan Salak Pondoh Dan Implementasi Dampak Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus : Desa Rumah Sumbul Kec. Stm Hulu Kab. Deli Serdang)

Rizal, Rahmad Syah (2021) Analisis Percepatan Ekonomian Perdesaan Melalui Pengembangan Perkebunan Salak Pondoh Dan Implementasi Dampak Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus : Desa Rumah Sumbul Kec. Stm Hulu Kab. Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi rahmad syah rizal....pdf

Download (1MB)

Abstract

Salak pondoh merupakan buah asli Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang khas. Permintaan buah salak cenderung konstan, sehingga peroduksi buah salak sangat diperlukan untuk mencukupi permintaan pasar. kabupaten Deli Serdang Khususnya di kec. Stm Hulu merupakan tempatnya dalam peroduksi buah salak pondoh dimana masyarakat terutama di Desan Rumah Sumbul banyak masyarakat yang menganti lahan perkebunanya dari menanam kelapa sawit menjadi salak pondoh disebabkan karena pendapatan salak pondoh lebih baik dari pada kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui sikap masyarakat perdesaan dalam melakukan perpindahan perkebunan kelapa sawit ke salak pondoh, serta mengajak dan mengembangkan perkebunan salak pondoh dalam percepatan pembangauna ekonomi masyarakat di desa, dan mengetahui tingkat kesejahteran masyarakat dalam pengembangan perkebunan salak pondoh. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam dan didukung studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan perkebunan salak pondoh berdampak positif untuk masyarakat terutama Desa Rumah Sumbul. Dalam ekonomi islam bahwa tingkat kesejahteran itu tidak dinilai dari materi saja melaikan non materi dari hasil wawancara yang dilakuan msyarakat yang berpindah sikap dari menanam kelapa sawit ke salak pondoh ternyata mengalami peningkatan kesejahteraan dalam hal perasaan (masyarkat lebih senang).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan salak, Percepatan Ekonomi, Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:12
Last Modified: 12 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item