Analisis Penyelesaian Klaim Asuransi Dengan Prespektif Maqasid Syariah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setiabudi Medan

Rambe, Khoirotunnisa (2021) Analisis Penyelesaian Klaim Asuransi Dengan Prespektif Maqasid Syariah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setiabudi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI KHOIROTUNNISA RAMBE. MAU DIJILID.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maqasid syari`ah adalah maksud allah selaku pembuat syariah untuk memberikan kemaslahatan kepada manusia. Yaitu dengan terpenuhinya kebutuhan dlaruriyah, hajiyah, dan tahsiniyah agar manusia bisa hidup dalam kebaikan dan dapat menjadi hamba allah yang baik. Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui penyelesain kalim dalam asuransi dengan prespektif maqasid syariah dalam menigkatkan kepercayaan nasabah di PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setia Budi Medan. Adapun objek penelitian ini yaitu pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Setiabudi Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggambarkan dan mengungkapkan tentang fakta serta keadaan dilapangan secara jelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perusahaan sudah menerapkan maqasid syariah dalam penyelesain klaimnya, namun perusahaan lebih berfokus terhadap analisis perlindungan atau pemeliharaan harta (hifdzu al-mal) karena pemeliharaan harta merupakan bagian dari maqasid syariah. Yang mana pemeliharaan harta yang diterapkan dalam perusahaan tersebut ialah, dengan perolehan, pengelolaan dan penyampaian harta yang dilakukan perusahaan sesuai dengan nilai-nilai yang mendatangkan kemaslahatan. Sedangkan dalam penerapan penyelesaian klaim dalam maqasid syariah ialah bahwa yang bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan nasabah. Maslahah pada dasarnya adalah ungkapan dari menarik manfaat dan menolak mudharat dengan maksud bahwa dengan maslahat ialah memelihara agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta. . Dimana perlindungan agama dalam asuransi direalisasikan dalam bentuk transaksi yang dimulai dengan kontribusi dalam bentuk dana tabarru’ dan aturan yang dijalankan sudah sesuai dengan aturan fatwa DSN MUI. Dengan terlaksanakannya penerapan maqasid syariah maka nasabah yang ikut berasuransi akan merasa percaya karena kepercayaan nasabah adalah hal terpenting dalam meningkatkan kualitas perusahaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:35
Last Modified: 11 Aug 2022 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

View Item View Item