Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Praktek Gadai Lahan Sawit Di Desa Pulo Bargot, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara

Yulianti, Yulianti (2022) Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Praktek Gadai Lahan Sawit Di Desa Pulo Bargot, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI YULIANTI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam terhadap praktek gadai lahan sawit di Desa Pulo Bargot, Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan normatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan gadai dan tokoh pemuka agama. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gadai lahan sawit yang terjadi di Desa Pulo Bargot, Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara belum sesuai dengan unsur tolong menolong sebagaimana yang dijelaskan dalam prinsip-prinsip Ekonomi Islam bahwa “Kekuatan penggerak utama Ekonomi Islam adalah kerja sama,” justru mengandung unsur kezaliman antar sesama. Dalam hal barang jaminan yaitu lahan sawit, praktek gadai yang terjadi di Desa Pulo Bargot, barang jaminan dimanfaatkan penuh oleh murtahin selama masa perjanjian, sementara itu pihak murtahin juga akan tetap mendapat pengembalian uang secara utuh dari rahin pada saat jatuh tempo. Selanjutnya, praktek gadai lahan sawit Desa Pulo Bargot yang terjadi termasuk gadai yang tidak sah, karena praktek gadai yang dilakukan bisa menimbulkan jahalah (ketidak jelasan).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:25
Last Modified: 11 Aug 2022 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item