Analisis Sharia Compliance Pada Produk Kafalah Pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah Kantor Cabang Medan

Sahada, Ulfa Nur (2020) Analisis Sharia Compliance Pada Produk Kafalah Pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah Kantor Cabang Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI ULFA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai mekanisme pelaksaan produk kafalah pembiayaan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dan Analisis Sharia Compliance Pada Produk Kafalah Pembiayaan di PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah Kantor Cabang Medan. Penelitian ini merupakan jenis dari penelitian lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara langsung dengan kepala bagian pemasaran, beberapa staff bidang FLPP serta bagian operasional lainnya di PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah Medan didukung studi dokumen yang berkaitan dengan penelitian, semacam peraturan undang-undang, Fatwa DSN- MUI, dan website resmi. Maka hasil yang terkumpul dianalisiskan berupa metode analisis deskriptif kualitatif. Hasildari penelitian yang didapat ialah yang pertama, mengenai pelaksanaan produk penjaminan Jamkrindo Syariah antara pihak Makful Lahu (Bank Syariah) dan pihak Makful Anhu (Nasabah Bank Syariah). Pembiayaan yang diajukan oleh nasabah berupa perkembangan usaha nasabah berdasarkan ketentuan pelaksanaan Kafalah Pembiayaan Fasilitas Iikuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang telah di sepakati di dalam penerbitan surat persetujuan prinsip kafalah (SP2K). kedua, yaitu dalam menjalankan kegiatan usaha penjaminan PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah menggunakan akad Kafalah sesuai dengan ditentukan oleh Dewan Syariah Nasional yaitu FATWA DSN-MUI No.11/DSN-MUI/IV/2000 tengang Kafalah, termasuk penerapan dalam produk Kafalah Pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditekankan kembali salah satu rukun dan syarat Makful Anhu yaitu dikenal oleh penjamin dan sanggup menyerahkan tanggungannya kepada penjamin. Karena pada praktiknya, pada pemberian akad pembiayaan pihak Bank Syariah tidak mengatakan kepada nasabah bahwa pembiayaan yang diajukan itu dijaminkan pada lembaga penjaminan syariah, melainkan hanya memberi tahukan bahwa akan ada Asuransi (Penjaminan) yang menjaminnya. Maka dari itu, peneliti memberikan saran agar perlu dilakukan sosialisasi kepada nasabah dari Bank mengenai adanya lembaga penjaminan yaitu PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah. bertujuan agar kedua pihak bisa mencarikan solusi bersama dengan nasabah untuk meminimalisir terjadinya moral hazard, serta PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah diharapkan bisa mempertahankan ketaatan akan Sharia Compliance (kepatuhan syariah) yang sudah dipenuhi dengan baik saat ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sharia Compliance Produk FLPP, Penjaminan Syariah
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:00
Last Modified: 11 Aug 2022 07:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14971

Actions (login required)

View Item View Item