Rambe, Shofiyah Dima Syuhada (2021) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Siswa di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SKRIPSI KE PERPUS.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan komunikasi adalah kemampuan individu dalam berkomunikasi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1.Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan? 2. Apa faktor pendukung dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan? 3. Apa faktor penghambat dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan? Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah informan yang dapat dijadikan sumber untuk mendapatkan informasi terkait dengan judul penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru BK, Wali Kelas, dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam mengembangkan komunikasi siswa adalah wali kelas, sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa itu sendiri, penggunaan sosial media, dan lingkungan keluarga. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menunjukkan adanya perkembangan keterampilan komunikasi pada siswa. Siswa menjadi lebih menyadari pentingnya memiliki keterampilan komunikasi serta manfaat dari keterampilan komunikasi.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Keterampilan Komunikasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 06:53 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 06:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14969 |
Actions (login required)
View Item |