Analisis Rasio Keuangan dan Risk Based Capital untukMenilai Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi (Studi pada PT. Asuransi Asei Indonesia 2015-2018)

Daulay, Monika (2020) Analisis Rasio Keuangan dan Risk Based Capital untukMenilai Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi (Studi pada PT. Asuransi Asei Indonesia 2015-2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI KIRIM KE PERPUSTAKAAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan asuransi pada PT. Asei Indonesia periode 2015-2018 dengan menggunakan metode analisis rasio keuangan dan Risk Based Capital. Analisis rasio keuangan yang digunakan berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 28 tentang Akuntansi Asuransi Kerugian. Terdapat satu rasio keuangan yang tidak digunakan dalam penelitian ini, yaitu Premium Receivable to Surplus Ratio. Metode Risk Based Capital yang digunakan berdasarkan peraturan yang ditetapkan pemerintah. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan asuransi PT. Asei Indonesia periode 2015-2018 sudah baik. Hasil analisis rasio keuangan dan Risk Based Capital menunjukkan bahwa beberapa rasio memenuhi batas normal, kecuali rasio pengembalian investasi. Rasio pengembalian investasi perusahaan masih di bawah batas minimal. Walaupun kinerja keuangan perusahaan sudah sangat baik karena hasilnya cenderung memenuhi standar, beberapa rasio keuangan perusahaan memiliki kelemahan dimana presentasenya mendekati batas normal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Rasio Keuangan, Risk Based Capital dan Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:03
Last Modified: 11 Aug 2022 06:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14963

Actions (login required)

View Item View Item