Upaya Guru BK dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan

Harahap, Wilda Deliana (2021) Upaya Guru BK dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FINAL WILDA PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku menunda-nunda tugas akademik disebut dengan Prokrastinasi akademik. Ada banyak kerugian yang akan didapatkan oleh seorang prokrastinator. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu kondisi prokrastinasi akademik siswa selama masa pandemi COVID-19, faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa, dan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah guru BK, dan 4 (empat) siswa. Melakukan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi menjadi metode pengumpulan data. Penelitian menunjukkan bahwa kondisi prokrastinasi akademik selama masa pandemi COVID-19 meningkat, faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yaitu motivasi belajar yang rendah dan stress, kurangnya perhatian orangtua terhadap perkembangan belajar anak, kurangnya kontrol diri ketika bermain gadget, dan kejenuhan belajar. Usaha yang dilaksanakan guru BK untuk mengentaskan prokrastinasi akademik menggunakan konseling individu dan kunjungan rumah (home visit). Faktor pendukung pelaksanaan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik yaitu pihak sekolah yang mendukung guru BK,, orang tua siswa yang mau ikut bekerjasama, dan pihak sekolah (wali kelas) membantu guru BK mengumpulkan data siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. Selanjutnya, faktor penghambatnya adalah sulit bertemu, jarak rumah siswa yang cukup jauh, dan sulitnya mengatur waktu dengan orangtua siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Prokrastinasi Akademik
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2022 05:10
Last Modified: 11 Aug 2022 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14958

Actions (login required)

View Item View Item