Implementasi Kriptografi Dalam Penyisipan Pesan Pada Citra Digital Menggunkan Metode Playfair Cipher Dan Least Significant Bit (LSB)

Hasibuan, Chyndy Astika Dani (2021) Implementasi Kriptografi Dalam Penyisipan Pesan Pada Citra Digital Menggunkan Metode Playfair Cipher Dan Least Significant Bit (LSB). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_ChyndyAstikaDani_Perpustakaan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pengamanan pesan berupa teks menggunakan metode kriptografi Playfair cipher dengan Least Significant Bit (LSB) kedalam aplikasi berbasis website, mengetahui proses enkripsi dan deskripsi dengan Playfair cipher dan Least Significant Bit (LSB) terhadap pesan rahasia, dan mengetahui proses penyisipan pesan kedalam citra digital menggunakan metode Playfair Cipher dan Least Significant Bit (LSB) terhadap pesan rahasia. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode analisis dan metode perancangan dimana pada metode analisis, penulis menganalisis kebutuhan dan melalui hasil analisis tersebut penulis merancang tahapan-tahapan yang akan dilakukan. Hasil yang dicapai adalah aplikasi dapat digunakan untuk menyembunyikan pesan rahasia pada citra digital dan perbedaan warna citra input dan citra hasil juga tidak kelihatan jelas. Simpulan yang didapat adalah setelah Playfair Cipher dan Least Significant Bit (LSB) diimplementasikan pada aplikasi, pesan rahasia dapat disembunyikan pada citra digital.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:14
Last Modified: 11 Aug 2022 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14939

Actions (login required)

View Item View Item