Analisis Pemanfaatan Lidi Kelapa Sawit Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus : Berkah Lidi Di Desa Sei Rumbia Kec. Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan)

Nasution, Wan Ronaldo (2021) Analisis Pemanfaatan Lidi Kelapa Sawit Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus : Berkah Lidi Di Desa Sei Rumbia Kec. Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI BEBAS PERPUSTAKAAN WAN RONALDO NASUTION.pdf

Download (1MB)

Abstract

Luasnya perkebunan kelapa sawit masyarakat berbanding lurus dengan banyaknya limbah yang dihasilkan, salah satunya pelepah kelapa sawit. Limbah ini sama sekali belum termanfaatkan oleh masyarakat sehingga membakar limbah kelapa sawit menjadi satu-satunya cara dalam menanganinya. Namun dengan adanya industri keratif berkah lidi dapat menjadikan lidi yang dulunya dinggap limbah disulap menjadi sebuah produk yang barnilai ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pemanfaatan lidi kelapa sawit terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Sei Rumbia kecamatan Kota Pinang labuhanbatu Selatan. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara secara mendalam kemudian didukung studi kepustakaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keberadaan industri kreatif berkah lidi berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Dan jika ditinjau dari presfektif ekonomi islam berkah lidi dalam aktivitasnya sudah sesuai dengan anjuran syariat Islam. Industri kreatif berkah lidi sangat menghindari penipuan dalam aktivitasnya. Selain itu industri keratif berkah lidi dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar sehingga meningkatkan produktivitas masyarakat serta mengurangi tingkat pengannguran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Limbah Lidi Kelapa Sawit, Industri Kreatif, Peningkatan Pendapatan Masyarakat, Ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:56
Last Modified: 11 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14934

Actions (login required)

View Item View Item