Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Keragaman Sosial Budaya Di Kelas IV MIN 7 Kota Medan

Suharni, Leni (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Keragaman Sosial Budaya Di Kelas IV MIN 7 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
2020-LENI_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Keragaman Sosial Budaya sebelum dilaksanakan pembelajaran model Cooperative Script di kelas IV MIN 7 Kota Medan (2) Penerapan Cooperative Script pembelajaran IPS materi Keragaman Sosial Budaya dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Sciript di kelas IV MIN 7 Kota Medan (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Keragaman Sosial Budaya setelah dilaksanakan pembelajaran model Cooperative Script di kelas IV MIN 7 Kota Medan. Jenis penelitian berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian ini siswa kelas IV MIN 7 Kota Medan T.A 2019/2020 semester 2 sebanyak orang siswa 15 orang laki-laki dan 19 orang perempuan dengan ketetapan KKM yaitu 65. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPS dalam bentuk uraian dengan materi Keragaman Sosial Budaya ini dilakukan sebanyak tiga yaitu tes awal (pre test) tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tes awal bahwa nilai pretes yang mengalami ketuntasan sebanyak 8 siswa (23%) dengan nilai-nilai rata-rata 49,85. Pada siklus I siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 26 siswa (69%) dengan rata-rata 68,52. Sedangkan siklus II siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 32 siswa (92%) dengan nilai rata-rata 78,23. Dengan demikian maka dapat di simpulkan terjadi hasil peningkatan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada bidang studi IPS materi keragaman sosial budaya di kelas IV MIN 7 Kota Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Script dan Hasil Belajar.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:14
Last Modified: 11 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14926

Actions (login required)

View Item View Item