Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Asuransi Pendidikan Mitra Iqra Plus Dalam Kajian Asuransi Syariah (Studi kasus di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, KPS Medan)

Andriani, Atika (2022) Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Asuransi Pendidikan Mitra Iqra Plus Dalam Kajian Asuransi Syariah (Studi kasus di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, KPS Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Atika Andriani ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN ASURANSI PENDIDIKAN MITRA IQRA PLUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mitra Iqra Plus merupakan salah satu produk yang dimiliki PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, KPS Medan, yang bertujuan untuk membantu dana pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran asuransi pendidikan Mitra Iqra Plus dalam kajian asuransi syariah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, KPS Medan, penerapan prinsip syariah dalam implementasi pemasaran produk Asuransi Jiwa PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, KPS Medan, serta tantangan dalam implemetasi syariah pemasaran yang dilakukan oleh PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, KPS Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera, KPS Medan mengimplementasikan sesuia dengan prinsip- prinsip pemasaran syariah mulai dari Hikmah (Strategi), Kebutuhan (Need), Halal (Tayyibat), Kesejahteraan (Falah), Persetujuan timbal balik (Mutual Consent). Faktor penghambat dalam mengimplementasikan strategi pemasaran asuransi pendidikan Mitra Iqra Plus yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang asuransi syariah, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap asuransi syariah, kurangnya agent serta nasabah sulit ditagih untuk pembayaran premi. Tantangannya adalah Pengembagan teknologi yang masih kurang, Lemahnya market share PT. AJS Bumiputera karena kurangnya dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Startegi Pemasaran Syariah, Mitra Iqra Plus, Asuransi Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:51
Last Modified: 10 Aug 2022 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14905

Actions (login required)

View Item View Item