Khodaijah, Khodaijah (2012) Pelaksanaan manajemen sarana prasarana untuk mmeningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Alwashliyah 12 Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
TESIS. Khodijah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan, keteralihan, keterandalan, dan komfirmabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini ada lima, yaitu: (1)Perencanaan pengadaan dan pemanfaatan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan perlengkapan yang diperlukan dan anggaran yang tersedia untuk diseleksi dan ditentukan skala prioritas. Untuk Tahun Pelajaran 2011-2012 perencanaan pengadaan fokus pada Perpustakaan dan Laboratorium Keterampilan/Tata Busana, sedangkan perencanaan pemanfaatan mencakup semua fasilitas yang ada, seperti: perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, dan sebagainya. (2)Pengorganisasian pemanfaatan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan dengan menetapkan para pengelola sarana prasarana yang ada melalui penerbitan SK Kepala Madrasah tentang penetapan pengelola sarana prasarana di Madrasah Aliyah Alwashliyah 12 Perbaungan. (3)Pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan segala sarana prasarana yang ada agar benar-benar bermanfaat bagi peningkatan mutu pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Agar sarana prasarana tersebut selalu siap pakai dilakukan pemeliharaan secara rutin dan berkala yang dikelola oleh masing-masing penanggungjawab ruangan dan juga Wakil Kepala bidang Sarana Prasarana. (4)Pengawasan pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan secara berjenjang sesuai dengan wewenangnya masing-masing berdasarkan kepada dokumen perencanaan pemanfaatan yang telah dibuat. (5)Pengevaluasian pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana dilakukan untuk mengetahui apakah program pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana yang ada bisa meningkatkan mutu pembelajaran sehingga bisa diteruskan dan ditingkatkan, atau apakah program tersebut memiliki kekurangan sehingga bisa dirubah/diperbaiki di masa yang akan datang.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 12:47 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 12:47 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1489 |
Actions (login required)
View Item |