Analisis Dampak Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pada Era Pandemi Covid-19. Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus : Desa Pasar III Natal, Kecamatan Natal)

Amin, Kharil (2021) Analisis Dampak Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pada Era Pandemi Covid-19. Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus : Desa Pasar III Natal, Kecamatan Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI KHARIL AMIN EDIT,,,.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan program bantuan langsung tunai pada era pandemi covid-19 dengan tinjauan perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada pihak perangkat desa dan penerima bantuan langsung tunai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Pada masa pandemi covid-19 pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk tunai yang ditunjukan kepada kelompok paling terdampak covid-19, meliputi masyarakat miskin pekerja formal serta pelaku usaha transportasi daring. Dan secara ekonomi, pemberian BLT hanya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jangka waktu 2 minggu dan tidak dapat membantu masayarkat untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka 1 bulan seperti yang sudah ditentukan, dan setelah itu BLT ini tidak dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, dan bantuan ini juga tidak dapat digunakan untuk modal usaha. Dapat dikatakan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak mampu mempertahankan daya beli masyarakat pada era pandemi covid-19.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Kebijakan, Bantuan Langsung Tunai
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:53
Last Modified: 10 Aug 2022 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item