Praktik Illegal Fishing dikalangan Nelayan Pesisir Pantai ditinjau dari Siyasah Dusturiyyah (Studi Kasus di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara)

Almaa'di, Almaa'di (2021) Praktik Illegal Fishing dikalangan Nelayan Pesisir Pantai ditinjau dari Siyasah Dusturiyyah (Studi Kasus di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi ALMA A' DI, S.H..pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian penulis dengan metode penelitian lapangan (yuridis empiris), dengan menggunakan metode penelitian Yuridis Empiris untuk meneliti tentang “Praktik Illegal Fishing dikalangan Nelayan Pesisir Pantai ditinjau dari Siyasah Dusturiyyah (studi kasus di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara).” Skripsi ini bertujuan menjawab bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atas perubahan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 Tahun 2016 tentang Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia terkait praktik Illegal Fishing ditinjau Siyasah Dusturiyyah. Data penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan metode empiris dengan pendekatan Undang-Undang, historis, komperatif dan konseptual. Setelahnya akan dianalisis untuk disimpulkan pada keadaan yang lebih khusus dan konkrit. Dalam skripsi ini akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana pengaturan praktik Illegal Fishing, kemudian praktik Illegal Fishing apa saja yang terjadi dilapangan tempat penulis melakukan penelitian, serta menganalisis bagaimana pandangan Siyasah Dusturiyyah terhadap praktik Illegal Fishing. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Praktik Illegal Fishing merupakan aktivitas yang melanggar ketentuan peraturan Perundang-Undangan dan merusak ekosistem bawah laut, sehingga hadirnya aturan tersebut untuk menjadi pengawasan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas penangkapan ikan yang dapat merusak ekosistem. Dalam pandangan Siyasah Dusturiyyah, praktik penangkapan ikan secara ilegal tersebut sangat jelas melanggar aturan hukum yang berlaku dan secara tidak langsung telah menentang Ulil Amri (Pemimpin) yang seharusnya ditaati setiap Jundiyah (masyarakat). Padahal jika masyarakat menaati aturan yang telah dibuat, maka dapat menciptakan perbaikan ekonomi merata dan menjaga pelestarian alam yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:40
Last Modified: 09 Aug 2022 08:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item View Item