Peran Pemberdayaan Masyarakat Oleh Baitul Mal Wat Tamwil Terhadap Pencapaian Soustainable Development Goal (Studi Kasus Bmt Masyarakat Madani Percut Sei Tuan)

Damanik, Wahyu Arnanda (2021) Peran Pemberdayaan Masyarakat Oleh Baitul Mal Wat Tamwil Terhadap Pencapaian Soustainable Development Goal (Studi Kasus Bmt Masyarakat Madani Percut Sei Tuan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Wahyu Arnanda Damanil_FEBI_0501173265.pdf

Download (985kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Masyarakat Madani dalam pemberdayaan masyarakat di Percut Sei Tuan. Pemberdayaan Masayarakat memiliki keterkaitan dengan pengentasan kemiskinan yang menjadi salah satu dari 17 tujuan Soustainable Development Goal ( SDGs ). BMT Masyarakat Madani hadir sebagai wujud dari keinginan masyarakat akan sebuah kegiatan perekonomian yang berlandaskan prinsip-prinsip Islam yang mampu menjauhkan masyarakat dari jeratan rentenir maupun riba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaahui akan Peran BMT Masyarakat Madani dalam memberdayakan masyarakat masyarakat di Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini berlokasi di BMT Masyarakat Madani yang beralamat di Jl. Sidumulyo Pasar IX Dusun XIII Desa Sei Rotan No 6 Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif degan menggunakan teknik observasi, dan wawancara yang di lakukan secara langsung dengan BMT Masyarakat Madani dan anggota/nasabah BMT Masyarakat Madanai. Hasil dari Penelitian ini bahwa BMT Masda dalam usaha memberdayakan Masyarakat dengan menjalankan program pembiayaan dan pendampingan, kemudian BMT Masda telah menjalankan perannya dengan cukup baik serta terdapat kesamaan tujuan antara BMT Masda dan tujuan dari SDGs yakni dalam rangka mengentaskan kemiskinan, namun terdapat juga hambatan dan tantangan dari Internal maupun Eksternal yang di hadapi BMT Masda dalam memberdyakan masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Sostainable Developmen Goals (SDGs), BMT Masyarakat Madani
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:24
Last Modified: 09 Aug 2022 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item