Hubungan Perilaku Hygiene dengan Kejadian Diare di Sekolah Dasar Al-Washliyah 30 Medan Labuhan

Andini, Rizka (2021) Hubungan Perilaku Hygiene dengan Kejadian Diare di Sekolah Dasar Al-Washliyah 30 Medan Labuhan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Rizka Andini-Ilmu Kesehatan Masyarakat-Stambuk 2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kejadian diare merupakan penyakit yang berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan kualitas sanitasi lingkungan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara praktik mencuci tangan sebelum makan, praktik mencuci tangan setelah BAB, praktik mengelola makanan kepemilikan jamban, kondisi SPAL dan kualitas air bersih dengan kejadian diare pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Perilaku Higiene Dengan Kejadian Diare di Sekolah Dasar Swasta Al-Washliyah 30 Medan Labuhan. Penelitian ini menggunakan Desain Cross Sectional. Pemilihan sampel dengan Cluster Sampling sebanyak 167 responden. Hasil penelitian menunjukkan kejadian diare pada siswa sebanyak 59 responden (35,3%). Sedangkan yang tidak terjadi diare pada siswa sebanyak 108 responden (64,7%). Dalam Penelitian ini terdapat hubungan Signifikan antara Perilaku BAB dengan kejadian diare p = 0,003<0,05, Hubungan Signifikan antara Perilaku Jajan dengan kejadian diare p = 0,002<0,05, Hubungan signifikan antara Perilaku Cuci Tangan dengan Kejadian Diare p = 0,000<0,05 dan Hubungan Signifikan antara Perilaku Menjada Kebersihan Kuku dengan Kejadian Diare p = 0,001<0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buang air besar, Jajan, Cuci tangan, Kebersihan kuku, Kejadian diare
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:01
Last Modified: 09 Aug 2022 08:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14841

Actions (login required)

View Item View Item