Pengaruh Ekstrak Bawang Batak (Allium chinense G.Don.) terhadap Kadar Gula Darah Tikus Putih (Rattus norvegicus L.) yang diinduksi Aloksan (Hiperglikemia)

Adha, Barian (2021) Pengaruh Ekstrak Bawang Batak (Allium chinense G.Don.) terhadap Kadar Gula Darah Tikus Putih (Rattus norvegicus L.) yang diinduksi Aloksan (Hiperglikemia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Revisi Skripsi Barian Adha -FST- Biologi-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bawang batak (Allium chinense G.Don.) merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai obat tradisional karena memiliki kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, streroida dan triterpenoid. Hiperglikemia merupakan kondisi tingginya kadar glukosa darah dalam tubuh dan suatu tanda penyakit diabetes melitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak bawang batak (Allium chinense G.Don.) terhadap kadar gula darah dan berat badan tikus hiperglikemia. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 kelompok perlakuan (P1: kontrol normal, P2: kontrol negatif, P3: kontrol metformin, P4: ekstrak bawang batak 250 mg/ KgBB, P5: ekstra bawang batak 500 mg/KgBB, dan P6: ekstrak 750 mg/ KgBB). Ekstrak bawang batak diuji kandungannya dengan skrining fitokimia. Pengukuran kadar gula darah tikus menggunakan alat glukometer dan pengukuran berat badan menggunakan timbangan digital. Data yang didapat dianalisis secara statistik menggunakan SPSS 25 dengan uji one-way ANOVA, dan uji Duncan. Hasil analisis data pada kadar gula darah tikus menunjukkan perbedaan yang signifikan pada taraf nyata (p<0,05) pada setiap kelompok di hari 18 Ftabel ≤ Fhitung (2,77 ≤ 72,264) Sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrak bawang batak berpengaruh dalam menurunkan kadar gula darah dengan dosis yang paling efektif 750 mg/ KgBB sebanding dengan metformin (P6 dan P3 memiliki notasi yang sama), sedangkan pada berat badan tikus putih menunjukkan perbedaan signifikan (p<0,05) pada setiap kelompok di hari 18 Ftabel ≤ Fhitung (2,77 F ≤ 62,203), dimana P6 dapat memperthankan berat badan tikus hiperglikemia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bawang Batak (Allium chinense G.don.), Tikus putih (Rattus norvegicus), Kadar Gula darah, Hiperglikemia.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Botanical sciences > 581 Botany
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2022 05:54
Last Modified: 09 Aug 2022 05:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item