Peran Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam Kelurahan Bantan Kec. Medan Tembung

Gayo, Khairatun Nazmi (2021) Peran Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam Kelurahan Bantan Kec. Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi KHAIRATUN NAZMI GAYO.pdf

Download (827kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelatihan, pendampingan dan pemberian modal usaha di LAZISMU Kota Medan dan untuk mengetahui bagaimana keberhasilan LAZISMU dalam pemberdayaan ekonomi Umat Islam Keluharan Bantan Kec. Medan Tembung. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis kualitatif bersifat deskriptif dengan analisa data kualitatif yaitu prosedur pemecahan yang diselidiki dengan menggambarkan, melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada. Hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam studi ini, membawa beberapa kesimpulan, bawah pola pembiayaan modal usaha pada pemberdayaan ekonomi umat Islam yang ada pada LAZISMU Kota Medan adalah melalui pemanfaatan dana Zakat, infaq, sedekah dan lainnya dengan berdasarkan pemasukan yang minimal, LAZISMU mampu dalam menerapkan pembiayaan berdasarkan pada prinsip syari’ah. Namun, kurangnya monitoring evaluasi lembaga dalam praktik usaha yang dikembangkan menjadikan manajemen operasional kurang maksimal sehingga berdampak pada program pemberdayaan ekonomi umat Islam. Tentunya jika hal itu terpenuhi, maka akan terwujudlah Lembaga Zakat yang lebih maju dan profesional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Amil Zakat, Peran, Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 365 Penal and related institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:18
Last Modified: 09 Aug 2022 04:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14814

Actions (login required)

View Item View Item