Strategi Pengelolaan Zakat Berbasis Pemberdayaan Masyarkat Miskin pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Batu Bara

Ginting, Revika (2021) Strategi Pengelolaan Zakat Berbasis Pemberdayaan Masyarkat Miskin pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Revika Ginting.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Revika Ginting.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan zakat adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan zakat yang dilakukan lembaga amil zakat dengan tujuan untuk mensejahterakan kehidupan mustahik. Badan Amil Zakat Nasional merupakan salah satu badan yang bertugas untuk membantu atau meringankan kemiskinan yang terjadi disuatu daerah atau bisa dikatakan juga untuk pemberdayaan masyarakat miskin didaerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Strategi pengelolaan zakat berbasis pemberdayaan masyarakat miskin pada BAZNAS di Kabupaten Batu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Informan penelitian sebanyak 5 informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengelolaan zakat berbasis pemberdayaan masyarakat miskin pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Batu Bara telah dilakukan dengan strategi yang jelas meliputi: Perencanaan yaitu menyusun program kerja yang berpihak pada masyarakat miskin, Pengidentifikasian yaitu mengumpulkan data muzakki dan mustahik terutama orang-orang miskin. Pendistribusian disalurkan dengan cara menyalurkan ke sektor produktif dengan tujuan agar masyarakat miskin menjadi berdaya. Pengawasan dilakukan dengan cara menjamin tercapainya pengentasan kemiskinan sesuai rencana.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan, Miskin
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:44
Last Modified: 09 Aug 2022 03:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item