Ma’rifah, Siti (2021) Tindakan Vandalisme di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SKRIPSI_SITI MA'RIFAH_FIS_ILMU PERPUSTAKAAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana tindakan vandalisme di Perpustakaan UIN Sumatera Utara, meliputi faktor yang menyebabkannya serta upaya yang dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan vandalisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat tindakan vandalisme di Perpustakan UIN Sumatera Utara yang dilakukan oleh pemustakanya, jenis tindakan vandalisme antara lain penghilangan bagian buku (perobekan), pencoretan, pelipatan halaman dan pencurian. Jenis koleksi yang paling sering menjadi sasaran tindakan vandalisme adalah buku umum, faktor penyebabnya yaitu karna tingginya keinginan pelaku untuk memiliki buku tersebut (sense of belonging), kebutuhan, adanya kesempatan, serta etika, moral, iman, dan kesadaran pemustaka yang kurang . Perpustakaan UIN Sumatera Utara sudah melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan tindakan vandalisme dengan melakukan sosialisasi dan user education serta kegiatan preservasi. Perpustakaan UIN Sumatera Utara juga sudah menerapkan sistem keamanan dengan menggunakan teknologi berupa security gate dengan RFID (Radio Frequency Identification) serta pemasangan CCTV (Closed-Circuit Television).
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Vandalisme, Pemustaka, Perpustakaan |
Subjects: | 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:46 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14799 |
Actions (login required)
View Item |