Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTSN 3 Medan

Pohan, Zulfikar Abbas (2021) Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTSN 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Zulfikar Abbas Pohan Repository (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Perencanaan program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Medan; (2) Teknik dalam pelaksanaan program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Medan; (3) Evaluasi program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Yang berarti peneliti langsung ke lapangan guna untuk memahami dan memberikan gambaran bagaimana fenomena atau permasalahan yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru bidang studi. Dalam menganalisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk meemeriksa keabsahan data yaitu dengan menggunakan uji kredibilitas, keteralihan, ketergantungan dan ketegasan. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Perencanaan program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionlisme guru sudah sangat baik yaitu pertama dengan menetapkan tujuan, kemudian melakukan diskusi atau rapat dengan semua personil sekolah, dan selanjutnya dengan melakukan penentuan jadwal pelaksanaan; (2) Teknik supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu dengan menggunakan teknik supervisi individual; (3) Evaluasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah berupa pengamatan tentang bagaimana kinerja guru melalui lembaran atau instrumen penilaian supervisi dan evaluasinya juga dilihat dari hasil pencapaian perserta didik setiap pertengahan dan akhir semester guna mengetahui apakah mengalami peningkatan atau penurunan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa impelementasi program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Medan sudah dilaksanakan dengan baik dan terencana sesuai prosedur yang telah ditentukan. Dibuktikan dengan adanya perubahan atau peningkatan kemampuan yang dialami oleh guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Aug 2022 09:00
Last Modified: 08 Aug 2022 09:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14794

Actions (login required)

View Item View Item