Efektivitas strategi pembelajaran kooperatif dan media CD salat dalam meningkatkan keterampilan salat siswa kelas III SD Negeri No. 105289 Kecamatan Percut Sei Tuan

Harlina, Harlina (2013) Efektivitas strategi pembelajaran kooperatif dan media CD salat dalam meningkatkan keterampilan salat siswa kelas III SD Negeri No. 105289 Kecamatan Percut Sei Tuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesis Harlina.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan untuk meningkatkan ketrampilan salat siswa kelas III SD Negeri No. 105289 Kecamatan Percut Sei Tuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana ketrampilan salat siswa sebelum penerapan tindakan? 2) Bagaimana penerapan strategi kooperatif dan media cd salat dalam meningkatkan ketrampilan salat siswa? 3) Bagaimana ketrampilan salat siswa setelah penerapan tindakan? 4) Bagaimana peningkatan ketrampilan salat siswa setelah penerapan tindakan?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap PTK terdiri dari siklus-siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri No. 105289 Percut Sei Tuan yang berjumlah 40 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah unjuk kerja/praktik dan observasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, ketrampilan siswa kelas III SD Negeri No. 105289 Percut Sei Tuan sebelum penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan media CD salat adalah 68.3 dengan tingkat ketuntasan sebesar 45%. Kedua, dalam menerapkan strategi kooperatif dan media CD salat dalam pembelajaran, guru membagi proses inti pembelajaran kepada beberapa tahap, yaknipengelompokan siswa, presentasi media CD, kerja kelompok, menghafal bacaan salat, mempraktikkan salat. Ketiga, ketrampilan salat siswa setelah penerapan tindakan pada siklus pertama mencapai 60% dan 100% pada siklus kedua. Ketiga, penerapan tindakan meningkatkan ketrampilan salat siswa sebesar 55% pada siklus kedua.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:29
Last Modified: 06 Apr 2017 07:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1475

Actions (login required)

View Item View Item