Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Think Talk Write Pada Materi Statistika Di Kelas XI SMK Swasta Al-Fattah Medan

Daulay, M. Aulia Sobri (2021) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Think Talk Write Pada Materi Statistika Di Kelas XI SMK Swasta Al-Fattah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi sobri jadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui modelkooperatif tipe jigsaw dan kooperatif tipe think talk write (TTW). Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasieksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelaas XI SMK Swasta Al-Fattah Medan, Tahun Ajaran 2020-2021 yang berjumlah 70 siswa. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: 1): terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran Think Talk Write. Dimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Jigsaw memiliki nilai rata-rata 65,94, sedangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar diajar menggunakan pembelajaran Think Talk Write adalah 78,46.; 2) terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran Think Talk Write pada materi Program linier dua variabel di kelas X SMK AL-Fattah, Medan. Dimana siswa berkemampuan komunnikasi matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran jigsaw memiliki nilai rata-rata 72,40, sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar diajar menggunakan pembelajaran Think Talk Write memiliki nilai rata-rata 83,03.; 3)Terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan Fhit (41,46) > Ftabel(4,12). Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi lebih baik diajar menggunakan model Think Talk Write daripada menggunakan model Jigsaw.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konseep, Kemampuan Komunikasi, Model Jigsaw dan Think Talk Write
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:27
Last Modified: 22 Aug 2022 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item View Item