Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Script dan Dengan Yang Metode Pembelajaran Peer Teaching Di Kelas SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022

Ainiah, Nikmah (2021) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Script dan Dengan Yang Metode Pembelajaran Peer Teaching Di Kelas SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
REVISI SKRIPSI NIKMAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script dan metode pembelajaran peer teaching di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022 yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-6 dan kelas dan Kelas VIII-7 yang masing-masing berjumlah 30 siswa, untuk dijadikan kelas eksperimen ditentukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script dengan perolehan nilai rata-rata 47,33333 dan dengan yang menggunakan metode pembelajaran peer teaching dengan perolehan nilai rata-rata 47,6667, dengan nilai thitung > ttabel yaitu: - 0,0394737618 > -2,009 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) terdapat perbedaan kemampuan Berpikir Kreatif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script dengan perolehan nilai rata-rata 63,833333 dan dengan yang menggunakan metode pembelajaran peer teaching dengan perolehan nilai rata-rata 64,5, dengan nilai thitung > ttabel yaitu: - 0,0552292826 > -2,009 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Script dan Metode Peer Teaching
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:56
Last Modified: 08 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item