Pengaruh Pemahaman Investasi, Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara)

Siregar, Putri Aulia (2022) Pengaruh Pemahaman Investasi, Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Putri Aulia yg Sudah direvisi-dikonversi (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Investasi adalah salah satu kegiatan muamalah yang mana dianjurkan dalam kaidah syariah, karena dengan berinvestasi harta yang dimiliki akan menjadi produktif dan dapat mendatangkan kesejahteraan di masa yang akan datang seseorang yang memiliki well literate akan memahami serta terampil dalam mengelola keuangan pribadinya. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemahaman Investasi, Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kuantitatif yang bersumber dari data Primer. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket). Objek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara. Populasi penelitian ini sebanyak 3.394 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara. Teknik pemilihan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan rumus slovin sehingga memperoleh sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi dengan bantuan alat analisis yaitu SPSS 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial (uji t) variabel Pemahaman Investasi berpengaruh positif 0,0001 < 0,05 terhadap Minat Berinvestasi di pasar modal syariah dan thitung 3,275 > ttabel 1,985 terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah. Secara Parsial (uji t) variabel Literasi Keuangan Syariah juga menunjukkan bahwa berpengaruh secara signifikan dengan nilai 0,019 < 0,05 dan nilai t hitung 2,387 > t tabel 1,985. Secara simultan (uji F) variabel Pemahaman Investasi dan variabel Literasi Keuangan Syariah berpengaruh secara signifikan terhadap Minat mahasiswa Berinvestasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai Fhiutng 14,131 > Ftabel 3,09. Dan untuk nilai koefisien determinasi R sebesar 0,526 atau 52,6%

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Investasi, Literasi Keuangan Syariah, Minat Mahasiswa Berinvestasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:43
Last Modified: 08 Aug 2022 02:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14724

Actions (login required)

View Item View Item