Strategi Pustakawan Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Siswa Di Perpustakaan SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai

Sabrina, Nuril Izza (2021) Strategi Pustakawan Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Siswa Di Perpustakaan SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI NURIL IZZA SABRINA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari pentingnya budaya literasi di lingkungan sekolah. Perpustakaan sebagai sarana penunjang pelajaran harus mengelola perpustakaan sebagai alat untuk membangun budaya literasi. Peran pustakawan sangat penting dalam meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah. Maka dari itu penelitian ini berfokus kepada cara atau betuk strategi pustakawan dalam mengembangkan budaya literasi siswa di lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi yang dilakukan pustakawan dan masalah yang dihadapi dalam mengembangkan budaya literasi siswa di perpustakaan SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data di penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat dirangkum, strategi yang di gunakan pustakawan dalam mengembangkan budaya literasi siswa di Perpustakaan SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai dengan melakukan kegiatan : 1) Mengadakan kegitan literasi setiap minggunya agar siswa terbiasa dengan membaca buku beserta melatih kecerdasan siswa dalam bercerita, 2) Membuat kliping atau majalah dinding untuk melatih kreatifitas siswa, 3) Membuat jam wajib baca di kelas 15 menit sebelum pelajaran di mulai. Dengan demikian, kegiatan literasi siswa yang di lakukan perpustakaan SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai perlu ditingkatkan lagi ke tahap pengembangan perlu melibatkan berbagai pihak sekolah ataupun orang tua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pustakawan, Budaya literasi, Perpustakaan
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 021 Library relationships
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:14
Last Modified: 05 Aug 2022 09:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14721

Actions (login required)

View Item View Item