Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Manufaktur (Pada PT. Latexindo Toba Perkasa Kec. Medan Sunggal Kab. Deli Serdang)

Noviana, Noviana (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Manufaktur (Pada PT. Latexindo Toba Perkasa Kec. Medan Sunggal Kab. Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Noviana Fix (0501161067).pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Latexindo Toba Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan sarung tangan berbahan baku karet (latex). PT. Latexindo Toba Perkasa didirikan pada tahun 1988. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan PT. Latexindo Toba Perkasa. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan model analisis linear berganda. Dalam penelitian ini menggunakan Eviews 9.0 sebagai alat estimasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai produktivitas berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa. Berdasarkan uji parsial (uji-t) tingkat produktivitas terhadap indeks penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa diperoleh nilai Probabilitas lebih kecil dari tingkat alpha 0.05 atau 0.0000 < 0.05. Sedangkan nilai koefisien produktivitas sebesar 0.575566. Dengan demikian nilai produktivitas berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa sebesar 0.575566%. Sehingga apabila nilai produktivitas meningkat maka jumlah penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. (2) Nilai modal berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa. Berdasarkan uji parsial (uji-t) tingkat nilai modal terhadap penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa diperoleh nilai Probabilitas lebih kecil dari tingkat alpha 0.05 atau sebesar 0.0033 < 0.05. Sedangkan nilai koefisien modal sebesar 0.023858. Dengan demikian nilai modal berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa sebesar 0.023858 %. Sehingga apabila jumlah modal yang dikeluarkan perusahaan meningkat maka penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa akan meningkat juga, begitupun sebaliknya. (3) Produktivitas dan Modal berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga apabila terjadi perubahan pada jumlah Produktivitas dan Modal, maka dapat mempengaruhi tingkat penyerapan tenaga kerja pada PT. Latexindo Toba Perkasa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, Modal biaya produksi, Penyerapan tenaga kerja
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:25
Last Modified: 05 Aug 2022 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item