Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Pembinaan Perilaku Asertif Siswa Terisolir Di SMP Negeri 1 Natal

Rahmadani, Devi (2021) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Pembinaan Perilaku Asertif Siswa Terisolir Di SMP Negeri 1 Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DEVI RAHMADANI (0303171042).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap pembinaan perilaku asertif siswa terisolir di SMP Negeri 1 Natal. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah Quasi Experimental Design. Subjek dari penelitian ini adalah adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natal dengan jumlah keseluruhannya sebanyak 96 orang, sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 14 orang. Sampal dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Alat pengumpulan datanya adalah angket. Adapun jumlah item yang digunakan adalah 40 item. Treatment pemberian layanan konseling kelompok dilakukan sebanyak 4 kali. Treatment hanya diberikan kepada kelas eksperimen, alasannya agar peneliti mengetahui perbedaan kelas ekperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok kepada siswa terisolir. Berdasarkan hasil uji t paired sample t test 0,111 > 0,05. artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu keterbatasan waktu selama proses konseling kelompok, siswa yang berhalangan tidak sempat mengikuti proses konseling, serta berbagai macam karakter siswa masih canggung diawal- awal proses konseling sehingga layanan konseling kelompok tidak berjalan dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok, Perilaku Asertif, Siswa Terisolir
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:20
Last Modified: 05 Aug 2022 08:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item View Item