Hukum Menerapkan Sistem Pemblokiran Terhadap ATM Untuk Mendapatkan Hadiah Pada Suatu Produk Yang Tersedia Di Bank Mega Syari’ah Perspektif Mazhab Syafi’i (Studi Kasus Bank Mega Syari’ah KCP Medan Katamso)

Lubis, Dewi Cahyani (2022) Hukum Menerapkan Sistem Pemblokiran Terhadap ATM Untuk Mendapatkan Hadiah Pada Suatu Produk Yang Tersedia Di Bank Mega Syari’ah Perspektif Mazhab Syafi’i (Studi Kasus Bank Mega Syari’ah KCP Medan Katamso). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
DEWI CAHYANI LBS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hukum terhadap hadiah koper fiber ukuran besar dengan syarat tambahan sebesar Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) di luar ketentuan akad dengan menggunakan skema akad Mudharabah Perspektif Mazhab Syafi’i. Pemberian hadiah koper fiber oleh Perusahaan/Pengelola dana (mudharib) kepada nasabah (shahibul mal) untuk disampaikan kepada nasabah menggunakan akad mudharabah. Tetapi, penulis menemukan fakta dilapangan bahwa terdapat beberapa tim marketing memberikan syarat tambahan selain ATM dan Dana diblokir selama 6 bulan, nasabah juga memberikan dana tambahan lagi sebesar Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) di luar ketentuan akad. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Tipe penelitian ialah yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di dalam masyarakat. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem pemblokiran ATM dengan tujuan untuk mendapatkan hadiah pada suatu program yang diusung oleh Bank Mega Syariah adalah haram karena dalam Islam pemberian hadiah dilakukan tanpa adanya ketentuan ataupun syarat yang membawa pada kemudharatan. Kemudian dalam perspektif Madzhab Syafi’i pemberian hadiah dengan adanya syarat dan adanya tambahan diluar tabungan yang diberlakukan oleh Bank Mega Syari’ah pada suatu program hadiah pada tabungan Utama iB Mudharabah adalah haram hukumnya. Maka dari itu Bank Mega Syari’ah dalam semua kegiatannya perlu mengikuti prinsip-prinsip yang berkaitan dengan faktor Hukum Islam, sehingga masyarakat dapat lebih percaya lagi untuk menabung pada bank mega syari’ah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemblokiran, Hadiah, Mazhab Syafi’i
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:14
Last Modified: 05 Aug 2022 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item View Item