Akhyar, Musthofa (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Soal Cerita pada Materi Program Linier dengan Menggunakan Metode Newman di Kelas XII IPA MAS PAB 1 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SKRIPSI - MUSTHOFA AKHYAR.pdf Download (3MB) |
Abstract
Analisis kesulitan pada penelitian ini adalah menyelidiki apa-apa saja kesulitan yang dialami oleh para siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier berdasarkan prosedur Newman, yaitu metode untuk menganalisis kesalahan dalam soal pemecahan masalah yang dilakukan oleh para siswa kelas XII IPA di MAS PAB 1 Sampali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kesulitan siswa kelas XII IPA dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier berdasarkan analisis Newman. (2) Penyebab siswa kelas XII IPA kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linier. (3) Upaya mengatasi siswa kelas XII IPA kesulitan dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan penelitian deskriptif dan analisis datanya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif pendidikan. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 36 orang siswa kelas XII IPA, sedangkan subjek untuk wawancara peneliti melibatkan 5 orang dari 36 siswa yang mengikuti tes tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita yang dilakukan ditinjau dari analisis kesalahan dalam prosedur Newman. Kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier yaitu: (1) Kesalahan dalam membaca masalah disebabkan beberapa siswa tidak menuliskan permisalan suatu barang dengan variabel. (2) Kesalahan dalam memahami masalah disebabkan sebagian siswa tidak menentukan apa saja yang diketahui dan ditanyakan dari soal. (3) Kesalahan dalam transformasi masalah disebabkan sebagian siswa tidak menuliskan model matematika dengan benar. (4) Kesalahan dalam keterampilan proses disebabkan sebagian siswa tidak dapat menentukan permisalan untuk menentukan titik potok, tidak dapat membuat diagram Cartesius, serta tidak dapat membuat SPLDV dengan baik. (5) Kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan para siswa tidak dapat menuliskan apa yang disimpulkan dari jawaban yang dilakukan oleh para siswa. Penyebab para siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes yang diberikan oleh peneliti antara lain: (1) Materi yang diujikan sudah lama tidak diulang kembali. (2) Para siswa kebingungan dalam membuat jalan jawaban tersebut. (3) Waktu dalam mengerjakan tes tersebut terlalu singkat. (4) Cara menentukan nilai x dan y. (5) Kurangnya dalam memahami materi yang diujikan. (6) Kurangnya perhatian guru kepada para murid dalam menjelaskan setiap materi yang diajarkan. Adapun upaya dalam mengatasi siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier ialah dengan: (1) Mengikuti bimbingan belajar, baik yang diadakan di sekolah, maupun di lingkungan luar. (2) Melakukan edukasi yang baik antara guru dengan para siswa di kelas. (3) Melakukan diskusi kelompok antar teman sejawat. Adanya bimbingan kesulitan belajar kelompok yang dipimpin oleh guru matematika. (4) Saling membahas penyebab siswa mendapatkan remedial serta mencari solusinya, serta; (5) Diadakannya bimbingan pribadi antar guru dengan murid.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesulitan, Soal Cerita, Program Linier, Prosedur Newman |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:04 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14703 |
Actions (login required)
View Item |