Sihombing, Fakhrur Rozi (2020) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Kelas VIII MTs Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
Fakhrur Rozi Sihombing (0305162153).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesulitan siswa dalam memahami konsep barisan dan deret aritmatika, (2) kesulitan siswa dalam menerapkan prinsip barisan dan deret artimatika dalam menyelesaikan soal cerita, dan (3) kesulitan siswa dalam menemukan informasi yang terdapat pada soal cerita barisan dan deret aritmatika di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padangsidimpuan semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 siswa yang diwawancarai dan menyelesaikan tes soal diperoleh bahwa ketiga siswa mempunyai kesulitan yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret. Pada pemahaman konsep, siswa yang memiliki kesulitan akan sulit untuk memahami konsep barisan dan deret aritmatika dan tidak mampu untuk mengaplikasikannya kepada soal cerita barisan dan deret aritmatika. Pada saat menemukan informasi yang terdapat pada soal, siswa yang mengalami kesulitan akan sulit untuk menemukan informasi dan mengubah informasi matematika tersebut ke bentuk model matematika sehingga akan mengalami kesulitan dalam menentukan prinsip atau rumus jika informasi yang terdapat pada cerita tidak diketahui sebelumnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki tingkat kemampuan tinggi tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menentukan prinsip, dan menemukan informasi pada soal cerita. Siswa yang memiliki tingkat kemampuan sedang akan cenderung mengalami sedikit kesulitan dalam dalam memahami konsep, menentukan prinsip, dan menemukan informasi pada soal. siswa yang memiliki tingkat kemampuan rendah akan mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menentukan prinsip, dan menemukan informasi pada soal cerita barisan dan deret aritmatika.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, konsep, prinsip, informasi, barisan dan deret aritmatika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:40 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14700 |
Actions (login required)
View Item |