Optimasi Waktu Tunggu Total dan Pemodelan Arus Lalu Lintas pada Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso sebagai Upaya Mengatasi Kemacetan

Chairani, Chairani (2021) Optimasi Waktu Tunggu Total dan Pemodelan Arus Lalu Lintas pada Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso sebagai Upaya Mengatasi Kemacetan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI CHAIRANI FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Persimpangan empat Jalan Kolonel Yos Sudarso adalah salah satu persimpangan yang sering mengalami kemacetan dikarenakan durasi nyala lampu hijau lebih sedikit dibandingkan dengan nyala lampu merah sehingga waktu tunggu bagi kendaraan pada persimpangan belum optimal. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengatasi masalah kemacetan dengan pemodelan graf kompatibel dan metode Webster. Pemodelan graf kompatibel digunakan untuk mengetahui fase lampu lalu lintas dan arus yang dapat berjalan dengan bersesuaian sedangkan metode Webster untuk mengetahui keoptimalan waktu tunggu kendaraan di persimpangan. Hasil yang diperoleh pada persimpangan empat jalan Kolonel Yos Sudarso adalah terdapat 3 fase lampu lintas yang akan dioptimalkan. Fase tersebut adalah fase A pada kaki simpang Jalan Kolonel Yos Sudarso, Fase B jalan Bambu II dan Fase C jalan Putri Hijau. Pengoptimalan waktu tunggu total di persimpangan dengan menggunakan metode Webster menghasilkan siklus waktu yang optimum yaitu untuk setiap fase mendapatkan waktu 220 detik. Hasil dari metode ini dikatakan cukup efektif karena pada tiap kaki simpang yang bervolume tinggi dengan lebar jalan yang lebih kecil terdapat penambahan dan pengurangan durasi nyala lampu lalu lintas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Siklus waktu tunggu, Graf Kompatibel, Metode Webster
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:18
Last Modified: 05 Aug 2022 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14665

Actions (login required)

View Item View Item