Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Pembuatan Minyak Nilam (Pogostemon cablin Benth) Di Kabupaten Aceh Tamiang”.

Ritonga, Atiqah Zahra (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Pembuatan Minyak Nilam (Pogostemon cablin Benth) Di Kabupaten Aceh Tamiang”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ATIQAH ZAHRA RITONGA_1.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI ATIQAH ZAHRA RITONGA_1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis potensi lokal Aceh Tamiang khususnya pembuatan minyak nilam (Pogostemon cablin Benth.) pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA/MA. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2021 sampai dengan bulan Januari 2022 di SMAN 2 Patra Nusa, Manyak Payed, Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg&Gall. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket, untuk ahli materi, ahli media, guru dan siswa, serta angket uji kepraktisan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMAN 2 Patra Nusa, Manyak Payed, Aceh Tamiang. Uji coba dilakukan kepada 30 orang siswa untuk mengetahui respon penilaian modul melalui lembar instrumen angket respon siswa, kemudian dilakukan juga uji kepraktisan untuk mengetahui kepraktisan modul kepada 10 orang siswa melalui lembar instrumen angket uji kepraktisan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 51,6% dengan kategori cukup layak. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil respon guru terhadap modul diperoleh persentase sebesar 94,7% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa terhadap modul diperoleh persentase sebesar 89,9% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan modul diperoleh persentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian modul pembelajaran biologi berbasis potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati layak digunakan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran biologi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran biologi berbasis potensi lokal, R&D model Borg&Gall, Keanekaragaman Hayati
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:13
Last Modified: 05 Aug 2022 03:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item