Analisis Pengaruh Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Peningkatan Pendapatan Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BTPN Syariah MMS Medan Marelan)

Ndraha, Alfilda Amilah (2022) Analisis Pengaruh Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Peningkatan Pendapatan Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BTPN Syariah MMS Medan Marelan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Analisis Pengaruh Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) Terhadap Pertumbuhan UMKM dan Peningkatan Pendapatan Nasabah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) terhadap pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan peningkatan pendapatan nasabah dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yakni pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan peningkatan pendapatan nasabah dengan satu variabel terikat yakni pembiayaan Paket Masa Depan (PMD). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kuantitatif. Menggunakan kuesioner dan wawancara untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian yakni seluruh nasabah BTPN Syariah MMS Medan Marelan yang berjumlah 938 nasabah. Metode pengambilan sampel yang digunakan yakni metode simple random sampling dengan perhitungan rumus Slovin dengan hasil akhir jumlah sampel sebanyak 90 responden. Analisis data yang diperoleh melalui IBM SPSS Statistic 23 menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana (simple linier regression). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar 61,1%. Sedangkan pada variabel Y2 pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan pendapatan nasabah. Serta BTPN Syariah MMS Medan Marelan dalam menjalankan kegiatan pembiayaan PMD telah sesuai dengan prinsip syariah dan tidak menerapkan sistem pinalti seperti bank konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD), Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Peningkatan Pendapatan Nasabah.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:14
Last Modified: 04 Aug 2022 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14635

Actions (login required)

View Item View Item