Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pelayanan Nikah, Talak, dan Rujuk di Kantor Urusan Agama Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat

Ismalida, Cici (2021) Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pelayanan Nikah, Talak, dan Rujuk di Kantor Urusan Agama Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cici skripsiis (4).pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif atau menggambarkan keadaan sosial yang ada sesuai faktanya dan menggunakan analisis peneliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data lalu memanfaatkan berbagai teori yang ada untuk bahan penjelas dan pada akhirnya menghasilkan suatu teori atau kesimpulan dari penelitian. Penelitian ini juga dilakukan dengan wawancara dengan pihak KUA Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Kesimpulan dari skripsi ini adalah : (1) KUA kecamatan Stabat Kabupaten Langkat adalah instansi pelayanan masyarakat terhadap pernikahan, rujuk, zakat, wakaf kemesjidan dan segala yang berkenaan dengan hubungan keagamaan yang terletak di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. (2) Pelaksanaan fungsi manajemen pelayanan nikah, talak, dan rujuk di KUA Stabat Kabupaten Langkat telah berjalan dengan semsetinya, kendalanya hanya ada pada fungsi pelaksanaan yaitu kurangnya sosialisasi pada masyarakat tentang program nikah, talak dan rujuk. (3) Masyarakat mengatakan bahwa pada pengumpulan data pernikahan sudah pelayanan KUA sudah baik. (4) Kendala dalam pelaksanaan fungsi manajemen KUA Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat ada dari eksternal. Kendala yang sangat sering terjadi adalah yaitu dari masyarakat itu sendiri. Salah satu kendalanya adalah kurangnya pengetahuan dari masyarakat tentang wali nikah, terjadinya pernikahan dini dan juga perceraian yang jumlahnya tidak sedikit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.302 Bimbingan perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2022 05:13
Last Modified: 04 Aug 2022 05:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item View Item