Hubungan pembelajaran pendidikan agama Islam dan pembinaan anak dalam keluarga dengan pengamalan agama pada siswa SMP Swasta An-Nizam Kecamatan Medan Denai

Salmiyah, Raudatul (2011) Hubungan pembelajaran pendidikan agama Islam dan pembinaan anak dalam keluarga dengan pengamalan agama pada siswa SMP Swasta An-Nizam Kecamatan Medan Denai. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis Raudah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran pendidikan agama Islam dan pembinaan anak dalam keluarga dengan pengamalan agama siswa SMP Islam An-Nizam, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam An-Nizam kelas VIII berjumlah 112 orang pada tahun 2010/2011. Sampel penelitian ini ditetapkan sejumlah 53 orang. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert untuk semua variabel yakni variabel pembelajaran pendidikan agama Islam, pembinaan anak dalam keluarga dan pengamalan agama. Angket disusun berdasarkan variabel dan diperiksakan ke pembimbing tesis, selanjutnya diujicobakan kepada 30 orang yang bukan sampel penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen diketahui instrumen variabel X1 terdiri dari 30 item, 25 item valid dan 5 item tidak valid. Variabel X2 terdiri dari 30 item, 26 item valid dan 4 item tidak valid. Variabel Y terdiri dari 30 item, 25 item valid dan 5 item tidak valid. Uji persyaratan analisis data variabel X1, X2, dan Y diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas dan hasil uji linieritas ternyata regresi antara variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y juga Linier dengan nilai p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam dan pembinaan anak dalam keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan pengamalan agama siswa SMP Islam An-Nizam Medan. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dengan Y = 0,88, Korelasi X2 dengan Y = 0,84. Korelasi X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y sebesar = 0,89. semuanya signifikan karena p < 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 04 Apr 2017 13:18
Last Modified: 04 Apr 2017 13:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item