Metode Bimbingan Agama Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunarungu di SLB Negeri Aek Kanopan

Hasibuan, Najah (2021) Metode Bimbingan Agama Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunarungu di SLB Negeri Aek Kanopan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NAJAH HASIBUAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan guru dalam membimbing agama anak tuarungu di Sekolah Luar Biasa Aek Kanopan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskrptif yang berdasarkan riset lapangan, ada 3 informan yaitu guru yang mengajar huruf hijaiyah di sekolah luar biasa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah di SLB Negeri Aek Kanopan antara lain metode Isyarat, metode menghapal, metode menulis, dan metode gerak bibir. Sedangkan problem guru pembimbing agama dalam mengembangkan kemampuan huruf hijaiyah pada anak tunarungu diantaranya waktu memberikan bimbingan yang kurang efektif, kurangnya kompetensi guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus, latar pendidikan yang tidak sesuai, kurangnya alat pendukung (peraga), kurangnya tenaga guru, guru kurang menguasai materi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.23 Materi Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:27
Last Modified: 04 Aug 2022 04:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item View Item