Analisis Pengaruh Kinerja Bank Umum Syariah dengan Pendekatan Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Terhadap Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (Studi Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar Pada OJK)

Ramadhani, Hafiz Aryo (2021) Analisis Pengaruh Kinerja Bank Umum Syariah dengan Pendekatan Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Terhadap Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (Studi Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar Pada OJK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Full Hafiz Aryo R 0503172132 (Turnitin 19) (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendapatan Syariah, Bagi Hasil, Return On Assets dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Bank Umum Syariah Periode 2016-2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergerakan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga yang fluktuatif dari tahun ke tahun baik dari segi nominal maupun jumlah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Statistik Perbankan Syariah (SPS), dan website resmi masing-masing bank umum syariah. Sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu analisis SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pendapatan Syariah, Bagi Hasil, ROA, dan NPM secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertumbuhan Dana Pihak Ketiga BUS. Secara parsial hubungan variabel Pendapatan Syariah, Bagi Hasil, ROA, dan NPM memiliki pengaruh terhadap variabel Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga dengan nilai signifikansi < 0.05. Kemudian nilai koefisien determinasi antara Pendapatan Syariah, Bagi Hasil, ROA, dan NPM terhadap Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Bank Umum Syariah sebesar 61,8% sedangkan sisanya 38,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model regresi penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Syariah, Bagi Hasil, ROA, NPM, Pertumbuhan DPK
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:24
Last Modified: 04 Aug 2022 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item