Ketahanan Pelaku Usaha di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UD. Salacca Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan)

Nasution, Qisti Marhamah (2022) Ketahanan Pelaku Usaha di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UD. Salacca Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI QISTI MARHAMAH NST.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak ke berbagai sektor kehidupan, tidak hanya pada sektor kesehatan, sektor ekonomi dan bisnis juga mengalami dampak yang serius. Pada saat ini pelaku usaha banyak mengalami berbagai permasalahan seperti, penurunan penjualan, kurangnya modal, terhambatnya distribusi penjualan dan kesulitan bahan baku. Oleh karena itu, diperlukan suatu ketahanan agar tetap bisa berjalan ditengah situasi yang sulit ini. Objek penelitian ini adalah pada UD. Salacca. UD. Salacca adalah usaha yang bergerak dalam industri pengolahan salak yang beralamat JL. Sibolga KM. 11 Desa Aek Nabara, Parsalakan, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi bertahan UD. Salacca di tengah pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif kemudian di analisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang didapatkan dari tabel matrik SWOT, ada beberapa alternatif strategi UD. Salacca untuk tetap bertahan ditengah pandemi Covid-19: (a) Alternatif strategi SO memaksimalkan penggunaan teknologi digital untuk memasarkan produk olahan salak lebih luas lagi yang telah terjamin kehalalannya, menjaga hubungan kerja sama dengan distributor sehingga dapat memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi di luar kota maupun luar negeri, memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan letak lokasi usaha untuk menarik minat pelanggan dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan keterampilan SDM menjadi lebih baik lagi. (b) Alternatif strategi ST pengurangan jumlah karyawan agar UD. Salacca tetap bisa bertahan karena adanya kebijakan social distancing ditengah pandemi Covid-19, permintaan pasar yang menurun sehingga harus menurunkan jumlah produksi dan meningkatkan kerja sama dengan supplier bahan baku agar dapat menambah jumlah produksi. (c) Alternatif strategi WO memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membuat pembukuan dengan menggunakan sistem komputer serta meningkatkan penggunaan teknologi dan informasi untuk memperluas pangsa pasar. (d) Alternatif strategi WT memanfaatkan teknologi digital untuk menaikkan omzet penjualan serta memanfaatkan teknologi dan informasi untuk menjalin komunikasi dengan supplier salak dari berbagai daerah agar tetap dapat memproduksi produk olahan salak

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketahanan, Pelaku Usaha, Salak, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:42
Last Modified: 06 Sep 2023 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item