Hukum Jual Beli Tanah Garapan Perspektif Wahbah Az-Zhaili (Studi Kasus di Nagori Tanjung Rapuan (Desa 50) Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun)

Farma, Satria (2021) Hukum Jual Beli Tanah Garapan Perspektif Wahbah Az-Zhaili (Studi Kasus di Nagori Tanjung Rapuan (Desa 50) Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SATRIA FARMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

permasalahan dalam penelitian ini adalah praktek jual beli beli yang terjadi di Desa Nagori Tanjung Rapuan bermula dari masyarakat yang hanya boleh bercocok tanam di tanah garapan tersebut akan tetapi seiring berjalannya waktu mereka ada yang tidak lagi ingin bercocok tanam sehingga masyarakat disana berinisatif menjual tanah tersebut dengan harga yang murah dan ini terus terjadi. Wahbah Az Zuhaili telah menetapkan bahwa dalam pelaksanaan jual beli, barang yang ingin di jual harus dimiliki terlebih dahulu. Rumusan masalah bagaimana pelaksanaan jual beli tanah garapan di Nagori Tanjung Rapuan (Desa 50) Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun bagaimana pendapat tokoh agama dan masyarakat terhadap jual beli tanah garapan di Nagori Tanjung Rapuan (Desa 50) Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun, bagaimana hukum jual beli tanah garapan yang terjadi di Nagori Tanjung Rapuan (Desa 50) kecamatan ujung padang kabupaten simalungun perspektif Wahbah Az Zuhaili. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hukum pelaksanaan jual beli di nagori tanjung Rapuan ( Desa 50 ) Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun menurut wahbah az zuhaili. penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan sosial, sedangkan berdasarkan jenisnya, merupakan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan jual beli di nagori tanjung rapuan (Desa 50) kecamatan ujung padang kabupaten simalungun dilakukan berdasarkan kebiasaan masyarakat dimana mereka menjual belikan tanah garapan yang bukan milik mereka dengan harga yang murah kepada masyarakat yang lain. Adapun hukum jual beli tanah garapan tersebut yang dilakukan masyarakat di nagori tanjung rapuan (Desa 50) adalah tidak sah berdasarkan pendapat Wahbah Az Zuhaili.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:32
Last Modified: 03 Aug 2022 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14573

Actions (login required)

View Item View Item